Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

Elitecosmetologyschool – Seri Xiaomi Mi 10 bukan satu-satunya andalan dari ponsel andalan Xiaomi yang cukup menarik perhatian para penggila perangkat. Karena kini juga telah diluncurkan seri Xiaomi Mi 10T yang dapat dilihat sebagai pelengkap seri Mi dan versi alternatif dari seri Mi 10, karena menawarkan spesifikasi yang khas.

Selain Xiaomi Mi 10T standar yang sudah kita bicarakan, ada juga versi Pro yang memiliki harga lebih tinggi dan spesifikasi lebih baik tentunya. Daripada penasaran seluk beluknya, lebih baik simak beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro berikut ini.

Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

Apa saja kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro yang layak untuk dipandang sebelah mata? Pertimbangkan poin-poin berikut.

1. Performa kamera canggih

Dari segi fotografi, Xiaomi Mi 10T Pro memiliki pengaturan tiga kamera dengan resolusi lensa primer yang tinggi, yaitu lensa Samsung HMX 108 MP dengan ukuran sensor 1 / 1,33 inci. Sedangkan untuk dua lensa pendukungnya ada lensa 13 MP f/2.4 dengan bidang pandang 123 derajat dan lensa makro 5 MP f/2.4 dengan jarak terdekat hingga 2cm.

Yang membedakan ponsel ini dari varian Mi 10T biasa adalah resolusi kamera utama, yang berubah dari 64 MP menjadi 108 MP. Di bagian depan, Mi 10 Pro juga memiliki kamera selfie 20 MP dengan diameter 3.8mm, sehingga tidak memakan banyak ruang layar.

Tak kalah menarik adalah fitur kameranya. Ini adalah beberapa fitur untuk menghasilkan karya yang luar biasa dengan Timed Burst yang cocok untuk stop motion dan kemudian ada berbagai filter seperti Cyberpunk, Ice Cold dan Gold Vibes.

2. Performa gaming yang tangguh

Tidak perlu diragukan lagi kemampuan performa ponsel flagship ini saat digunakan untuk bermain game atau aktivitas berat lainnya. Alasannya adalah chipset Snapdragon 865 sudah ada di Xiaomi Mi 10T Pro, termasuk salah satu SoC paling kuat di industri pada saat penulisan.

Chipset ini mencakup konfigurasi prosesor delapan inti dan anggotanya adalah Kryo 585 Prime berbasis ARM Cortex A77, dengan kecepatan hingga 2,84 GHz. Lalu ada tiga core Kryo 585 Gold yang juga berbasis ARM Cortex A77 dengan clock speed hingga 2,42 GHz Terakhir ada empat core Kryo 585 Silver berbasis ARM Cortex A55, berakselerasi hingga 1,8 GHz.

Chipset Snapdragon 865 sangat umum dan diharapkan dari ponsel kelas Xiaomi Mi 10T Pro. Menurut laporan dari GSM Arena, ponsel ini bahkan mengungguli Samsung Galaxy S20 Plus yang mencetak 500.114 pada benchmark AnTuTu v8. Ya, Xiaomi Mi 10T Pro memiliki skor yang lebih tinggi lagi, yakni 563.961 poin.

3. Masa pakai baterai yang efektif

Xiaomi Mi 10T Pro, seperti yang Anda harapkan di ponsel canggih seperti itu, dilengkapi dengan masa pakai baterai yang lama. Dengan kapasitas 5000mAh, pengguna diyakinkan dapat menggunakan ponsel ini hingga dua hari dalam penggunaan normal.

Dilansir dari GSM Arena, Xiaomi Mi 10T Pro meraih peringkat daya tahan dengan durasi 118 jam. Perangkat dapat menangani aktivitas panggilan 31 jam, penelusuran 18 jam 40 menit, dan pemutaran video 17 jam.

Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

Jangan langsung terpesona dengan kelebihannya, ada baiknya mengetahui kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro agar memiliki gambaran yang lebih jelas tentang ponsel flagship ini.

1. Tanpa lensa telefoto

Sebagai ponsel di kisaran harga Rp 10 jutaan, Xiaomi Mi 10T Pro cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Soalnya ponsel ini hanya disuguhkan dengan triple camera.

Tentu menjadi sulit bagi ponsel ini untuk bersaing dengan berbagai pesaing yang sudah menawarkan lensa telefoto, apalagi Xiaomi Mi 10 Pro masih memiliki lensa telefoto ini. Anda masih dapat melakukan zoom digital hingga 30 kali. Namun bagi yang mencari ponsel flagship yang bisa zoom lossless, sebaiknya cari ponsel lain.

2. Bobot terlalu berat

Ini adalah kekurangan yang juga dimiliki Xiaomi Mi 10T biasa, karena memiliki bobot tubuh yang cukup besar sehingga pengguna merasa tidak nyaman memegang ponsel dalam waktu lama.

Beratnya 218 gram, dengan ketebalan 9.3mm. Bobot ini tentunya lebih banyak dari Xiaomi Mi 10 Pro yang bobotnya hanya 208 gram. Ini adalah konsekuensi yang tidak dapat dihindari dari baterai 5.000 mAh-nya.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru